Makanan Sehat Saat Hamil Muda (Trimester Pertama)

Makanan Sehat Saat Hamil Muda (Trimester Pertama)

Makanan sehat saat hamil pada trimester pertama harus benar-benar diperhatikan oleh ibu hamil supaya kesehatan ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat dan sebagai bagian dari pola hidup yang sehat dalam menjaga kehamilan trimester pertama. Banyak kasus seperti morning sickness dimana ibu hamil mengalami mual muntah dipagi hari pada trimester pertama. Bila hal ini dibiarkan, dan si ibu mengalami mual muntah yang tambah parah atau mengalami hiperemesis maka asupan nutrisi ibu hamil menjadi kurang dan hal ini dapat mengganggu pembentukan dan perkembangan janin. Oleh sebab itu Anda harus sangat berhati-hati tentang kebutuhan gizi selama kehamilan Anda. Berikut ini makanan sehat saat hamil dan baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.
makanan sehat saat hamil dan baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama

1. Sayuran Bayam dan Brokoli
Sayuran daun berwarna hijau kaya akan vitamin dan nutrisi termasuk vitamin A, C, K serta folat yang sangat penting untuk bayi dan tubuh ibunya. Zat besi pada bayam dapat mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh ibu hamil sehingga volume darah yang mengalir ke rahim dapat ditingkatkan.

2. Susu Formula dan Yogurt
Susu memiliki kandungan protein yang dapat di gunakan sebagai pembentuk jaringan tubuh seperti otot otot pada janin, menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil maupun janin, menjaga kesehatan kulit serta dapat di gunakan sebagai pembentukan darah, cairan air ketuban maupun sebagai antibody untuk ibu hamil dan juga sang janin. Sedangkan yogurt adalah produk susu kaya kalsium yang lebih mudah dicerna dan dapat membantu menenangkan perut Anda

3. Telur
Telur mengandung protein tinggi yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Selain protein, Selain itu telur juga mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin D dan beberapa bahkan mengandung lemak omega-3 yang penting bagi otak dan pengembangan penglihatan bayi.

4. Ikan Salmon
Makanan laut seperti udang dan kepiting dilarang bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan alergi. Namun mengonsumsi ikan salmon di trimester pertama dapat meningkatkan kadar asam lemak omega-3 dan meningkatkan pertahanan antioksidan pada wanita hamil dan bayi. selain itu salmon juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta vitamin D.

5. Kacang Almond
Selain kandungan proteinnya yang tinggi kacang almond juga kaya akan vitamin E dan omega 3. Nutrisi ini dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama.

6. Asparagus
Tahukah Anda bahwa tubuh Anda tidak dapat memproses kalsium tanpa Vitamin D? Asparagus mengandung banyak vitamin D dan bau aromatik yang dapat mengatasi masalah morning sickness.

7. Buah alpukat dan Labu Siam
Tubuh tidak menyimpan Asam folat yang cukup untuk kebutuhan bayi dalam rahim, oleh sebab itu ibu hamil harus mengkonsumsi asam folat yang cukup demi pertumbuhan dan perkembangan sel sehingga dapat mencegah bayi yang dilahirkan mengalami kecacatan pada sistem sarafnya. Buah alpukat rata-rata mengandung asam folat. Selain buah alpukat, labu siam juga memiliki andungan asam folat yang cukup baik.

8. Jeruk
Kandungan senyawa di dalam jeruk sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil. Kandungan vitamin C dalam jeruk bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C berperan sebagai antibodi untuk melawan berbagai macam penyakit. Selain itu, vitamin C juga berperan menyembuhkan penyakit ringan seperti Influenza. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, jeruk juga mengandung senyawa asam folat.

Dapatkan panduan lengkap dengan metode yang sudah terbukti berhasil tentang cara menjalani kehamilan yang sehat dan persalinan yang mudah (tidak sakit) dari ahlinya. Untuk info lebih lengkap tentang Panduan Menjalani Kehamilan Yg Sehat dan Menyiapkan Persalinan silahkan KLIK DI SINI
Klik tombol Show untuk langsung melakukan pemesanan buku "Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil" dari dr. Riyani Limoa, SpOG. (cuma 159 ribu rupiah)




Blog ini berisi informasi yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk menggantikan saran dokter dan ahli lainnya. Konsultasikan keluhan seputar kehamilan Anda kepada dokter kandungan dan ahli lainnya.