Kondisi Kehamilan Minggu Ke-14 Hingga Minggu Ke-17

Sebelumnya...... (Kondisi Kehamilan Minggu ke-9 hingga Minggu ke-13)

Tahapan Kehamilan Trimester Kedua

Kondisi Kehamilan Minggu ke-14

Tiga bulan setelah pembuahan, alat khelamin bayi sudah bisa dideteksi melalui USG apakah laki-laki atau perempuan. Detak jantung bayi mulai menguat dan hampir dua kali lebih cepat dari sang ibu.

Kondisi Ibu :
Perut ibu sudah mulai membesar dan payudhara yang semakin membesar pula dengan daerah puthing susu yang cenderung lebih gelap dan sudah menghasilkan kolostrum.

Kondisi Bayi :
Pada minggu ini badannya semakin membesar untuk mengejar pembesaran kepala. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulitnya yang halus setipis kertas karena belum ada lapisan lemak. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul. Walaupun alis mata dan rambut halus di kepala sudah tumbuh, tekstur dan warnanya bisa berubah sebelum bayi lahir.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-15
Pada akhir minggu ini panjang janin sekitar 15,24 cm dan beratnya sekitar 113 gram.

Kondisi Ibu :
Ibu merasakan seperti basah pada daerah vaghinanya. Meskipun begitu dibandingkan dengan tiga bulan pertama masa- masa awal kehamilan, ibu merasa lebih riang dan bersemangat.

Kondisi Bayi :
Tulang dan sumsum di dalam sistem kerangka terus berkembang. Kulit bayi masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya kelihatan. Bayi sudah mulai mendengar, mendengarkan denyut jantung ibu, suara perut dan juga suara ibu. Bayi sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari namun kelopak matanya masih tertutup.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-16
Pada tahap ini bayi telah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi melalui plasenta. Tulang dan otot bayi sudah berkembang dan menjadi kuat. Seiring dengan perkembangan kerangka, semakin banyak kalsium yang disimpan dalam tulang bayi. Dalam proses pembentukan ini sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi sepenuhnya.

Kondisi Ibu :
Mulai mengalami sakit kepala akibat volume darah yang bertambah atau bisa juga karena stres.

Kondisi Bayi :
Pada minggu ini, bayi mulai sensitif terhadap cahaya atau sinar terang. Gerakan janin juga semakin aktif, menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah mampu menelan, kencing dan cegukan.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-17
Pada minggu ini denyut jantung bayi sudah bisa didengar dengan bantuan sonicaid.

Kondisi Ibu :
Berat badan ibu bisa bertambah hingga mencapai 4,5 kg. Seiring rahim ibu yang terus tumbuh, ibu mungkin merasakan denyutan rasa nyeri yang disebabkan peregangan ligamen dalam perut. Emosi ibu sudah mulai stabil dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Kondisi Bayi :
Lapisan lemak cokelat mulai berkembang hingga berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir. Rambut, kening, bulu mata bayi mulai tumbuh dan garis kulit pada ujung jari mulai terbentuk .Sidik jari pada jari-jari tangan yang mungil juga sudah mulai terbentuk.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonymous

berbagi tips-tips seputar kesuburan, agar cepat hamil, masa kehamilan dan persalinan bayi. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
"Blog ini berisi informasi yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk menggantikan saran dokter dan ahli lainnya. Konsultasikan keluhan seputar kehamilan Anda kepada dokter kandungan dan ahli lainnya"
Copyright © 2013-2016. Tips - Tips Tentang Kehamilan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger