Kondisi Kehamilan Minggu Ke-9 Hingga Minggu Ke-13

Sebelumnya...... (Kondisi Kehamilan Minggu ke-4 hingga minggu ke-8)
Tahapan Kehamilan Trimester Pertama

Kondisi Kehamilan Minggu ke-9

Pada minggu ini panjang bayi sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram, sudah mulai bergerak dan dapat dideteksi dengan USG.

Kondisi Ibu :
Perubahan dalam tubuh ibu sudah mulai terlihat, seperti payudara yang mulai membesar.

Kondisi bayi :
Tubuh bayi sudah hampir sepenuhnya terbentuk. Telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-10
Panjang bayi sekitar 32-43 mm dan berat 7 gram. Organ reproduksi bayi sudah berkembang, jenis kelamin bayi masih sulit dibedakan jika dilihat di USG

Kondisi Ibu :
Peningkatan nafsu makan yang diiringi dengan penambahan berat badan dan perut yang agak sedikit membesar.

Kondisi bayi :
Semua organ penting yang telah terbentuk mulai berfungsi dan bekerjasama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat dan hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit. Ukuran kepala bayi juga hampir setengah dari ukuran panjang seluruh badan.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-11
Sering perkembangan pada minggu kesebelas, kemungkinan risiko keguguran akan berkurang. Pasda minggu ini panjang bayi mencapai sekitar 6,5 cm.

Kondisi Ibu :
Rasa mual dan muntah yang biasa terjadi pada ibu hamil akan mulai berkurang pada minggu ini.

Kondisi Bayi :
Semua bagian-bagian baik rambut, kuku jari tangan dan kuku jari kaki mulai tumbuh. Ibu juga sudah bisa merasakan gerakan demi gerakan kaki dan tangan bayi.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-12
Pada penghujung trisemester pertama panjang janin sudah berukuran sekitar 7,6-10 cm dengan berat sekitar 28 gram.

Kondisi Ibu :
Rasa mual dan lemas yang dialami ibu akan berangsur hilang. Keluhan-keluhan ibu akan menghilang dan selera makan ibu pun kembali normal.

Kondisi Bayi :
Wajah bayi sudah lebih sempurna. Jari-jari tangan dan kaki sudah terpisah sepenuhnya. Kelopak mata sudah mulai terbentuk. Pada masa ini sistem sirkulasi dan sistem kemih mulai bekerja dan hati sudah bisa menghasilkan empedu.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-13

Pada akhir trimester pertama plasenta berkembang sempurna untuk menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan limbah bayi.

Kondisi Ibu :
Letih dan mual yang kerap terjadi pada ibu mulai mereda dan ibu merasa lebih berenergi. Munculnya linea atau garis gelap memanjang di sekitar perut karena meregangnya kulit. Begitu juga pada bagian leher yang mulai terlihat berwarna hitam semu.

Kondisi Bayi:
Jaringan dan organ yang sudah terbentuk dalam tubuh bayi tumbuh pesat dan mengalami pematangan. Jarinya yang unik telah teridentifikasi dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata dan kuku sudah terbentuk. Tulang dan gigi menjadi lebih padat. Bayi sudah bisa menguap, menghisap jempol, meregang dan membuat wajah di dalam kandungan.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonymous

berbagi tips-tips seputar kesuburan, agar cepat hamil, masa kehamilan dan persalinan bayi. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
"Blog ini berisi informasi yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk menggantikan saran dokter dan ahli lainnya. Konsultasikan keluhan seputar kehamilan Anda kepada dokter kandungan dan ahli lainnya"
Copyright © 2013-2016. Tips - Tips Tentang Kehamilan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger