Kondisi Kehamilan Minggu Ke-36 Hingga Minggu Ke-40

Sebelumnya...... (Kondisi Kehamilan Minggu ke-32 hingga Minggu ke-35)
Tahapan Kehamilan Trimester Ketiga

Kondisi Kehamilan Minggu ke-36
Bayi sudah dalam keadaan matang baik fungsi organ maupun ukurannya dan bayi bisa lahir kapan saja dimulai pada minggu ini.

Kondisi Ibu :
Tekanan di perut bawah semakin dirasakan dan ibu merasa bayi perlahan mulai turun. Bayi semakin mendesak kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil akan semakin meningkat.

Kondisi Bayi :
Bayi akan mendapat antibodi dari ibunya seperti campak pada bulan ini. Kulitnya semakin halus serta lemak yang terus bertambah setiap hari dibawah kulit bayi. Ginjal dan paru-paru dari bayi sudah bekerja dengan baik dan hatinya sudah bisa memproduksi kotoran.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-37
Bayi terus berlatih untuk bernafas dan menggerakkan paru-parunya sebagai persiapan saat ia setelah dilahirkan. Bayi juga akan mengubah posisi yaitu akan turun ke panggul (biasanya kepala akan menghadap ke arah jalan lahir) sebagai pesiapan untuk lahir.

Kondisi Ibu :
Ibu akan merasa semakin gatal pada kulit bagian perut, namun sebaiknya jangan digaruk dan cukup diusap dengan lotion atau baby oil.

Kondisi Bayi :
Sebagian besar lanugo (lapisan bulu halus) sudah rontok pada mingu ini. Dan vernix caseosa (lapisan seperti keju yang melapisi tubuh bayi dalam rahim dan melindungi kulitnya yang sedang berkembang) mulai menghilang, meskipun sebagian masih tetap ketika ia lahir.

Bersama dengan sekresi lain bayi akan menelan keduanya, dan semuanya tetap berada dalam ususnya hingga lahir. Campuran berwarna kehitaman (mekonium) adalah hasil buang air besar pertamanya.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-38
Pada minggu ke-38 ini bayi mempunyai berat badan sekitar 3 hingga 3,2 kg.

Kondisi Ibu:
Ibu akan sering merasakan kontraksi pada perutnya.

Kondisi Bayi:
Semua sistem organ bayi sudah terbentuk dengan sempurna. Refleks bayi sudah terkoordinasi dengan baik. Bayi sudah dapat membedakan antara terang dan gelap. Hingga nanti dilahirkan, bayi akan terus tumbuh dan berkembang dengan menambahkan simpanan lemaknya yang akan membantunya mengatur suhu badan setelah lahir.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-39
Minggu ini adalah saat-saat menunggu kelahiran si kecil. Saat dilahirkan ukuran rata-rata bayi dari kepala sampai kaki panjangnya adalah sekitar 51 cm dengan berat sekitar 3,5 kilogram, namun batasan yang sehat adalah antara 2,5 kg hingga 4 kg.

Kondisi Ibu :
Mungkin ibu merasa seperti sangat besar dan tidak nyaman.

Kondisi Bayi :
Akibat dari vernix caseosa, cairan amnion yang dulunya jernih sekarang berwarna pucat seperti susu.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-40
Tubuh si kecil yang montok dan bulat hanya bisa meringkuk ketat akibat rahim semakin sempit pada minggu terakhir kehamilan ini. Bayi Anda sedang menanti untuk dilahirkan.

Kondisi Ibu :
Ibu dalam keadaan tidak nyaman dan ibu akan mencondongkan tubuh ke belakang untuk mengimbangi beban yang berat di bagian depan. Ibu cenderung menjatuhkan benda-benda disekitarnya atau bahkan membentur jika tidak ada yang menuntunnya.

Kondisi Bayi :
Bayi akan semakin banyak menghasilkan hormon yang disebut kortison dari kelenjar adrenalnya pada minggu terakhir ini. Hormon ini membantu mematangkan serta menyiapkan paru-parunya untuk udara pertama. Jika kebanyakan bayi laki-laki testisnya sudah turun namun ada bayi perempuan ovariumnya masih berada di pinggir panggul dan tidak mencapai posisi final hingga setelah dilahirkan.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonymous

berbagi tips-tips seputar kesuburan, agar cepat hamil, masa kehamilan dan persalinan bayi. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
"Blog ini berisi informasi yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk menggantikan saran dokter dan ahli lainnya. Konsultasikan keluhan seputar kehamilan Anda kepada dokter kandungan dan ahli lainnya"
Copyright © 2013-2016. Tips - Tips Tentang Kehamilan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger